Siklus Perencanaan SDM - Belajar Ekonomi

Mencari, Menggali dan Memberi.

Sunday, December 23, 2018

Siklus Perencanaan SDM

Siklus Perencanaan SDM

Perencanaan SDM
Perencanaan SDM adalah proses analisis dan identifikasi yang dilakukan organisasi atau perusahaan terhadap kebutuhan akan SDM, sehingga organisasi atau perusahaan tersebut dapat menentukan langkah yang harus diambil guna mencapai tujuannya.

Perencanaan SDM terdiri dari Deskripsi Pekerjaan dan Spesifikasi Pekerjaan
  1. Deskripsi Pekerjaan, adalah jenis pekerjaan tersebut. Seperti contohnya adalah Pekerjaan sebagai seorang Akuntan.
  2. Spesifkasi Pekerjaan, adalah tentang berbagai aspek sesorang ketika akan melamar dalam pekerjaan. Seperti contohnya adalah, Riwayat pendidikan, Usia, Pengalaman, Gender, dan lain-lain.

Setelah selesai pada tahap Perencaan SDM kemudian dilanjutkan dengan Penarikan.

Penarikan
Penarikan adalah proses pencarian dan pemikatan para calon karyawan (pelamar) yang mampu melamar sebagai karyawan. Hal ini dilakukan untuk mencari seorang karyawan yang akan bekerja di suatu perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan dalam suatu perusahaan atau organisasi tersebut.

Setelah melakukan penarikan kemudian dilanjutkan dengan Seleksi

Seleksi
Seleksi adalah usaha pertama yang dilakukan perusahaan untuk mengetahui apakah seorang karyawan yang akan bekerja itu berkompeten atau tidak, sehingga ini akan sangat membantu perusahaan dalam memilih pekerjaan yang akan dikerjakan oleh seorang karyawan tersebut menurut kemampuan dan pengetahuannya.

Selanjutnya dilanjutkan dengan Strategi dan Orientas.

Strategi dan Orientas
Ini menyangkut soal Visi dan Misi suatu perusahaan atau organisasi yang bersangkutan, ketika kita membangun sebuah perusahaan tentu kita harus membuat Visi dan Misi tersebut untuk bagaimana perusahaan tersebut akan dibawa kedepannya.

Dilanjutkan dengan Training dan Development.

Training & Development
Pelatihan dan Pengembangan, hal ini dilakukan untuk melatih seorang karyawan yang akan bekerja di sebuah perusahaan atau organisasi yang bersangkutan agar karyawan dapat mengerjakan pekerjaannya dengan baik, kemudian pengembangan juga dilakukan untuk mengembangkan bakat masing-masing setiap karyawan agar bakat tersebut dapat terasah dengan bailk, agar nantinya mungkin dapat menguntungkan bagi perusahaan.

Selanjutnya dianjutkan dengan penilaian kerja

Penilaian kerja
Seorang karyawan yang dapat melakukan tugasnya dengan baik akan mendapatkan kompensai (Reward), sebaliknya seorang pekerja yang tidak melakukan tugasnya dengan baik atau melakukan pelanggaran didalam perusahaan akan mendapatkan Hukuman (Punisment) berupa sanksi, atau penurunan jabatan, dan juga dapat dipindah kerjakan.

Career Development
Pengembangan Karir kerja, ini dilakukan oleh seorang karyawan, sebagai contohnya ketika seorang karyawan tidak cocok dalam pekerjaan yang dilakukannya dan merugikan suatu perusahaan akan dipindah kerjakan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, apabila pekerjaan tersebut cocok tentu saja ini akan menguntungkan bagi karyawan tersebut dan juga perusahaan tidak akan merugi.

Reward (Kompensasi)
Ini diberikan kepada seorang pekerja yang melakukan tugasnya dengan baik, atau pekerja yang memberikan keuntungan besar bagi perusahaanya.

Dilanjutkan dengan Evaluasi.

Evaluasi
Khususnya dalam evaluasi pekerjaan adalah perbandingan pekerjaan-perkerjaan yang diklasifikasikan guna menentukan kompensasi yang pantas bagi pekerjaan-perkerjaan tersebut, atau berbagai prosedur sistematik untuk menentukan nilai relatif pekerjaan beserta besarnya kompensasi masing-masing.

Lihat Juga :

Keyword :
siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, siklus perencanaan sdm, Jenis Jerawat dan Cara Menghilangkannya Kelebihan Baja Ringan Ketimbang Kayu Baja Ringan Kualitas Terbaik di Jakarta Cara Mengatasi Payudara Kecil Mengenali Penyakit Tipes Lapangan Sakti Lodaya Cisayong Tasikmalaya Mengenali Penyakit Darah Tinggi Penyakit Hernia, Kenali dan Jauhi Jenis Pembengkakan Saluran Kencing Oral Sex Menyebabkan Hadats Besar.? Haramkah Mengucapkan Selamat Natal.? Mengenal Inflasi | Apa itu Inflasi.?

1 comment: