MAKALAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM Pemikiran Ekonomi Islam Abu Ishaq Asy-Syatibi - Belajar Ekonomi

Mencari, Menggali dan Memberi.

Tuesday, May 19, 2020

MAKALAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM Pemikiran Ekonomi Islam Abu Ishaq Asy-Syatibi

MAKALAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM Studi Pemikiran Ekonomi Islam Abu Ishaq Asy-Syatibi

Download

BAB I
PENDAHULUAN
Praktik tentang ekonomi islam di Indonesia saat ini sudah banyak berkembang di lingkungan masyarakat secara laus, mulai dari bermunculannya lembaga-lembaga islam seperti lembaga keuangan perbankan maupun non-bank, dan juga menghasilkan produkproduk yang berdasarkan prinsip hukum islam. Hal ini menarik karena kajian tentang ekonomi islam sebenarnya sudah ada dan diterapkan ratusan tahun lalu. Tentu saja implementasi dari kajian tersebut sudah di sesuaikan dengan keadaan jaman sekarang sehinnga bisa diterima disetiap kalangan.

Tidak memungkinkan bahwa adanya ketidaksesuaian antara praktik ekonomi islam dengan teori ekonomi islam itu pasti terjadi, semakin banyak ilmu yang berkembang maka semakin banyak pula referensi, perdebatan, dan cabang keilmuan baru yang digunakan sebagai bahan penyempurna dan sebagai penyeimbang dengan gaya hidup yang modern. Perdebatan seputar masalah ekonomi tersebut mendorong untuk menelaah kembali sejarah Islam klasik. Dimana saat itu tradisi dan praktek ekonomi maupun perdagangan dengan landasan syari’ah telah dipraktekkan oleh Rasulullan SAW bahkan lebih luas dari itu, Rasulullah yang hidup di tengah masyarakat Arab kuno telah menanaman prinsip-prinsip etika ekonomi dan perdagangan yang berdasarkan pada prinsip Islam.

Lebih maju lagi, salah satu tokoh cendikiawan islam, Asy-Syatibi mengemukakan sebuah pemikiran tentang ekonomi islam yang masih dijadikan referensi oleh berbagai kalangan akademisi maupun praktisi ekonomi islam sampai saat ini. Asy-Syatibi memfokuskan pemikiran ekonominya terkait dengan hubungan antara maqoshid assyari’ah dengan praktik ekonomi islam sehingga bisa tercapainya tujuan dari ekonomi islam itu sendiri yaitu maslahah menuju falah. Maqashid syari’ah terdiri dari memelihara agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta.

Maṣlaḥah merupakan esensi dari kebijakan-kebijakan Syariah, termasuk juga kebijakan dalam perekonomian. Maṣlaḥah `ammah (kemaslahatan umum) merupakan landasan dari kegiatan bermuamalah, yaitu kemaslahatan yang dibingkai secara syar‘iy, bukan semata-mata profit motive dan material rentability.2 Maqashid syari’ah dalam ekonomi Islam dan menduduki tempat yang amat penting dalam menentukan suatu hukum.

Banyak hal baru yang muncul dan belum tertera dalam fiqh dan kemudian diperjelas dengan mempertimbangkan maqashid syari’ah. Hal tersebut menjadikan maqashid sebagai jalan utama untuk menentukan hukum. Diperlukan kriteria dan standar agar bisa menentukan maqashid hingga terbebas dari hawa nafsu dan kepentingan dunia semata.

Berdasarkan pemahaman diatas, mengetahui seluk beluk maqashid syari’ah merupakan suatu keharusan bagi seorang muslim karena merupakan cerminan dalam mengevaluasi baik dari segi manfaat dan mudarat dari suatu kegiatan ekonomi dan atau kegiatan muamalah lainnya. Untuk itu dalam kesempatan ini penulis akan membahas tentang maqāṣid as-syarīah dan penerapannya dalam Ekonomi Islam.

Lihat Juga :


Keyword :
pemikiran ekonomi asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi ppt pemikiran ekonomi imam asy-syatibi pemikiran asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi ppt pemikiran ekonomi imam asy-syatibi pemikiran asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi ppt pemikiran ekonomi imam asy-syatibi pemikiran asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi ppt pemikiran ekonomi imam asy-syatibi pemikiran asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi ppt pemikiran ekonomi imam asy-syatibi pemikiran asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi ppt pemikiran ekonomi imam asy-syatibi pemikiran asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi ppt pemikiran ekonomi imam asy-syatibi pemikiran asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi ppt pemikiran ekonomi imam asy-syatibi pemikiran asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi ppt pemikiran ekonomi imam asy-syatibi pemikiran asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi ppt pemikiran ekonomi imam asy-syatibi pemikiran asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi pemikiran ekonomi asy syatibi ppt pemikiran ekonomi imam asy-syatibi pemikiran asy syatibi

No comments:

Post a Comment