Kamis, 27 Desember 2018

Makalah Inflasi dan Deflasi | Document

Maklah Inflasi dan Deflasi | Document
Makalah Inflasi dan Deflasi | Document

Download File Here

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Adapun salah satu masalah makro ekonomi yang sangat penting dan hampir ditemukan pada setiap negara di dunia, yaitu Inflasi. Mengingat pentingnya Inflasi dalam suatu perekonomian menjadi penting bagi para pengambil kebijakan makro ekonomi. 
Tentunya kita pernah merasakan harga barang dan jasa cenderung terus meningkat dalam produk tertentu, seperti sekarang ini. deflasi. Istilah ini tiba-tiba banyak dibicarakan kalangan ekonomi dunia. Katanya, negara-negara maju dirundung deflasi? Apa implikasinya? Bagaimana konsekuensinya? Bagaimana pula hal ini akan berdampak terhadap perekonomian dunia. Selain masalah inflasi masalah makro ekonomi lainnya masalah deflasi. 
Fenomena deflasi di negara-negara maju membawa kekhawatiran tertentu terhadap kinerja perekonomian dunia. Jepang membuktikan, deflasi menyebabkan kredit macet raksasa di sektor perbanka

Rumusan Masalah

1.      Apa pengertian dari inflasi dan deflasi
2.      Apa sajakah penggolongan inflasi dan deflasi?
3.      Apa saja penyebab inflasi dan deflasi?
4.      Bagaimana cara mengatasi Inflasi dan deflasi
5.   Berapa tingkat Inflasi dan deflasi Di Indonesia?


Tujuan Makalah

1.      Menjelaskan pengertian inflasi dan deflasi
2.      Menjelaskan penggolongan inflasi dan deflasi
3.      Menjelaskan penyebab inflasi dan deflasi 
4.      Menjelaskan Bagaimana  cara mengatasi inflasi dan deflasi
5. Menjelaskan tingkat inflasi dan deflasi di Indonesia

 Manfaat Penulisan
Hasil dari penulisan makalah ini diharapkan memberikan manfaat kepada semua pihak, khususnya kepada teman-teman semua untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam masalah inflasi dan deflasi yang terjadi di Indonesia serta cara mengatasi masalah tersebut. 


BAB VIII
INFLASI DAN DEFLASI

8.1.    Pengertian Inflasi
        Inflasi dapat didefinisikan sebagai kecenderungan naiknya harga barang pada umumnya secara terus – menerus akibat ketidakseimbangan antara arus barang dan arus uang 

8.2.     Penggolongan Inflasi
8.2.1. Berdasarkan asalnya, inflasi dapat digolongkan menjadi dua:
1.  inflasi yang berasal dari dalam negeri, misalnya terjadi akibat terjadinya defisit anggaran belanja yang dibiayai dengan cara mencetak uang baru dan gagalnya pasar yang berakibat harga bahan makanan menjadi mahal.
2.  inflasi dari luar negeri adalah inflasi yang terjadi sebagai akibat naiknya  harga barang impor. Hal ini bisa terjadi akibat biaya produksi barang di luar negeri tinggi atau adanya kenaikan tarif impor barang.
8.2.2.  Berdasarkan besarnya cakupan pengaruh terhadap harga: 
1.     inflasi tertutup (Closed Inflation), Jika kenaikan harga yang terjadi hanya berkaitan dengan satu atau dua barang tertentu. 
 2.  inflasi terbuka (Open Inflation), kenaikan harga terjadi pada semua barang secara umum.
 3.  inflasi yang tidak terkendali (Hiperinflasi),  apabila serangan inflasi demikian hebatnya sehingga setiap saat harga-harga terus berubah dan meningkat sehingga orang tidak dapat menahan uang lebih lama disebabkan nilai uang terus merosot.
8.2.3. Berdasarkan keparahannya inflasi juga dapat dibedakan:
1. Inflasi ringan (kurang dari 10% / tahun)
2. Inflasi sedang (antara 10% sampai 30% / tahun)
3. Inflasi berat (antara 30% sampai 100% / tahun)
4. Hiperinflasi (lebih dari 100% / tahun)
 8.3   Penyebab Inflasi
1. Inflasi karena dorongan permintaan (demand push inflation) adalah inflasi yang disebabkan oleh permintaan masyarakat terhadap barang dan jasa yang terlalu tinggi.
2. Inflasi karena dorongan biaya produksi (cost push inflation) adalah inflasi yang disebabkan oleh kenaikan biaya produksi yang disebut juga inflasi penawaran (supply inflation)
3. Asal terjadi inflasi
> Domestic inflation adalah yang berasal dari dalam negeri   tanpa adanya pengaruh dari Negara lain (luar negeri)
> Imported inflation adalah inflasi yang berasal dari luar negeri atau pengaruh dari Negara lain 

8.4  Tingkat Inflasi Di Indonesia
Secara historis, tingkat dan volatilitas inflasi Indonesia lebih tinggi dibanding negara-negara berkembang lain, tingkat inflasi di Indonesia saat ini mencapai 3,25% pada bulan Januari dan 3,18% pada bulan februari 2018.


8.5  Cara Mengatasi Inflasi
1.  Kebijakan Moneter 
Kebijakan moneter adalah bagian dari politik bank sentral yang berusaha mempengaruhi jumlah uang yang beredar, dengan cara :
1. Menaikkan suku bunga deposito (politik diskonto)
2. Menjual surat berharga berupa sertifikat Bank Indonesia (Politik Pasar Terbuka)
3. Menaikkan cadangan kas pada bank – bank umum (cash ratio)
4. Mengawasi pemberian kredit secara selektif
2.  Kebijakan Fiskal 
Kebijakan Fiskal (pajak) yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengendalikan uang yang beredar dapat dilakukan dngan cara :
1. Mengurangi pengeluaran pemerintah
2. Menaikkan pajak
3. Mengadakan pinjaman pemerintah
3.  Kebijakan riil 
Kebijakan riil adalah kebijakan nonmoneter dan nonfiskal untuk mengatasi inflasi yang dilakukan dengan cara :
1. Menaikkan hasil produksi
2. Kebijakan upah
3. Pengawasan harga dan distribusi barang 

8.6  Pengertian Deflasi
Suatu periode di mana harga-harga secara umum jatuh dan nilai uang bertambah. Deflasi merupakan kebalikan dari inflasi, jika inflasi terjadi akibat banyaknya jumlah uang yang beredar di masyarakat, maka deflasi terjadi karena kurangnya jumlah uang yang beredar.

8.7 Penggolongan Deflasi
Berdasarkan proses terjadinya, deflasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu: 
1. Deflasi Strategis 
Deflasi strategis terjadi karena penerapan kebijakan pengotrolan terhadap gejala konsumsi berlebihan guna mengatasi kenaikan harga pasar.
2. Deflasi Sirkulasi 
Deflasi Sirkulasi terjadi pada saat transisi dari kesuksesan perekonomian menjadi kemerosotan perekonomian. Karena akibat dari ketidaseimbangan antara daya produksi dan konsumsi, oleh sebab itu terjadi penurunan harga pasan dalam resesi ekonomi, akibat semakin kurangnya kebutuhan terhadap barang ekonomi yang berlebihan 

8.8 Penyebab Deflasi
1. Menurunnya Jumlah Uang Yang Beredar Di Masyarakat
Ini dapat terjadi karena banyak orang yang tergiur atas hasil yang besar atau bunga yang tinggi di Bank. Mereka memanfaatkan peluang tersebut dengan cara menabungkan uangnya ke dalam Bank.
2. Naiknya Jumlah Barang Di Pasar 
Produsen yang terus melakukan produksi tidak mempunyai orientasi atau perhitungan yang tepat, mereka menganggap jika jumlah permintaan masyarakat meningkat maka barang yang diminta banyak, Banyak produsen salah disini, sehingga ketika permintaan masyarakat akan barang turun mereka bingung karena masih banyak barang yang belum terjual, secara otomatis harga barang akan turun karena jumlahnya yang banyak sedangkan permintaan menurun.
3 Permintaan Barang Menurun 
Seperti yang kita tahu, jika konsumen mempunyai sifat alami yang mudah bosan, jadi ketika sudah bosan dan tidak tertarik, maka permintaan barang akan menurun, selain itu konsumen lebih memilih uangnya di Bank dalam jangka panjang atau untuk menyiapkan masa depan. Secara otomatis permintaan barang akan mengalami penurunan yang besar.

Puisi Gusmus - Tuhan, Islamkah Aku.?




8.9  Tingkat Deflasi Di Indonesia 
Deflasi tertinggi terjadi di Jayapura sebesar 1,12 persen dengan IHK sebesar 130,28 dan terendah terjadi di Meulaboh sebesar 0,14 persen dengan IHK sebesar 131,63.

8.10 Cara mengatasi deflasi
1. Menurunkan Tingkat Suku Bunga 
Salah satu cara mengatasi terjadinya deflasi adalah menurunkan tingkat suku bunga. Tujuannya adalah untuk menambah uang yang beredar di masyarkat. Dengan cara ini maka masyarakat akan mengurungkan niatnya untuk menabung di Bank, Masyarakat akan memilih untuk memegang uangnya sendiri dengan itu maka niat atau keinginan untuk masyarakat untuk membeli barang akan meningkat.
2. Menerapkan Kebijakan Moneter 
Selain cara diatas menerapkan kebijakan moneter juga dapat mengatasi masalah deflasi. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dilakukan oleh Bank Sentral dengan tujuan untuk menambah jumlah uang yang beredar di masyarakat. Beberapa cara yang bisa dilakukan adala politik diskonto yaitu kebijakan yang berbentuk menurunkan tingkat suku bunga yang ada dengan hal itu masyarakat akan menarik uangnya dari Bank.
3. Menerapkan Kebijakan Fiskal 
Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi deflasi adalah kebijakan fiskal. Jika kebijakan moneter dilakukan oleh Bank Sentral maka kebijakan fiskal dilakukan oleh pemerintah.
4. Menerapkan Kebijakan Non Moneter 
Cara ini sangat efektif dalam mengatasi masalah deflasi karena kebijakan ini terkandung beberapa langkah yang dapat menambah jumlah uang yang ada di masyarakat.

Aishwa Nahla - Innal Habibal Musthofa





PENUTUP

KESIMPULAN
Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (kontinu) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang.
Apabila harga suatu barang mengalami penurunan, maka daya beli masyarakat dan permintaan masyarakat akan barang tersebut menjadi naik. Sebaliknya jika harga suatu barang mengalami kenaikan, maka daya beli masyarakat akan mengalami penurunan. Sebagaimana yang tercantum dalam hukum permintaan. Berbanding terbalik dengan penawaran, jika harga suatu barang sedang mengalami penurunan, maka penawaran barang tersebut akan menurun pula, tetapi jika harga barang tersebut sedang mengalami kenaikan, maka penawaran akan barang tersebut juga akan meningkat. Sesuai dengan hukum penawaran.
Terjadinya inflasi tergantung pada sejumlah faktor yang mempengaruhi naik turunnya tingkat harga, juga tergantung pada kebutuhan masyarakat akan barang tersebut.
Untuk mengeliminasi deflasi ini sejumlah saran sudah diberikan. Selain meneruskan kebijakan suku bunga yang teramat rendah (suku bunga pasar uang tiga bulanan kini hanya 0,02 persen), Jepang juga disarankan melakukan pemotongan pajak (tax cuts) untuk merangsang konsumen belanja lebih banyak. Intinya, baik sisi moneter maupun fiskal harus sama-sama ekspansif, supaya deflasi dapat segera distop. 
    SARAN
Pemerintah Indonesia harus segera mengambil suatu tindakan yang bijak, lebih memperhatikan masyarakat dan harus melindungi masyarakat dari inflasi. Karena inflasi dapat menurunkan daya beli masyarakat dan juga sangat menyengsarakan masyarakat miskin. Dengan terus menaiknya inflasi kesejahteraan masyarakat Indonesia pun kian berkurang.
Namun tidak hanya pemerintah yang berusaha untuk mengatasi masalah inflasi ini tapi masyarakat juga harus mendukung pemerintah dengan ikut serta dalam penghematan pemakaian bahan bakar minyak dengan melakukan efisiensi energi pada sektor transportasi.

DAFTAR PUSTAKA


https://alipnugroho.wordpress.com/2013/07/01/makalah-inflasi-deflasi/

http://www.bi.go.id/id/moneter/inflasi/data/Default.aspx

https://www.indonesia-investments.com/id/keuangan/angka-ekonomi-makro/inflasi-di-indonesia/item254?

https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/02/01/1440/januari-2018-inflasi-sebesar-0-62-persen--inflasi-tertinggi-terjadi-di-bandar-lampung-sebesar-1-42-persen-.html
Keyword:

inflasi dan deflasi akibat inflasi dan deflasi apa yang dimaksud inflasi dan deflasi apa yang menyebabkan inflasi dan deflasi terjadi apa yg dimaksud inflasi dan deflasi artikel inflasi dan deflasi bagaimana apbn mengatasi inflasi dan deflasi jelaskan bagaimana pengaruh inflasi dan deflasi terhadap penawaran uang beda inflasi dan deflasi bedanya inflasi dan deflasi beza inflasi dan deflasi cara mengatasi inflasi dan deflasi dengan kebijakan fiskal celah inflasi dan celah deflasi ciri ciri inflasi dan deflasi adalah ciri inflasi dan deflasi contoh inflasi dan deflasi di indonesia contoh kasus inflasi dan deflasi di indonesia contoh soal inflasi dan deflasi dampak negatif inflasi dan deflasi efek inflasi dan deflasi faktor inflasi dan deflasi faktor penyebab inflasi dan deflasi faktor penyebab terjadinya inflasi dan deflasi faktor terjadinya inflasi dan deflasi faktor yang mempengaruhi inflasi dan deflasi faktor yang menyebabkan inflasi dan deflasi gap inflasi dan gap deflasi gejala inflasi dan deflasi grafik inflasi dan deflasi hubungan antara inflasi dan deflasi hubungan inflasi dan deflasi hubungan inflasi dan deflasi dengan moneter hubungan uang dengan inflasi dan deflasi indeks harga inflasi dan deflasi inflasi dan deflasi adalah inflasi dan deflasi adalah brainly inflasi dan deflasi artinya inflasi dan deflasi berpengaruh terhadap perekonomian inflasi dan deflasi beserta contohnya inflasi dan deflasi contoh inflasi dan deflasi dalam ekonomi inflasi dan deflasi dalam ekonomi makro inflasi dan deflasi dalam islam inflasi dan deflasi dan contohnya inflasi dan deflasi di indonesia inflasi dan deflasi di malaysia inflasi dan deflasi ekonomi inflasi dan deflasi ekonomi asas inflasi dan deflasi ekonomi makro inflasi dan deflasi gunung api inflasi dan deflasi itu apa inflasi dan deflasi makalah inflasi dan deflasi mempunyai satu kesamaan yaitu inflasi dan deflasi menurut islam inflasi dan deflasi paru paru inflasi dan deflasi pdf inflasi dan deflasi pengertian inflasi dan deflasi perniagaan inflasi dan deflasi perniagaan tingkatan 4 inflasi dan deflasi ppt inflasi dan deflasi serta cara mengatasinya inflasi dan deflasi tingkatan 4 inflasi dan deflasi uang inflasi dan deflasi wikipedia inflasi deflasi dan dampaknya inflasi deflasi dan investasi inflasi deflasi dan pengangguran inflasi deflasi dan resesi inflasi deflasi dan revaluasi inflasi deflasi dan sanering inflasi deflasi dan stagflasi inflasi deflasi devaluasi dan revaluasi jelaskan inflasi dan deflasi jelaskan pengertian inflasi dan deflasi jelaskan perbedaan inflasi dan deflasi jenis inflasi dan deflasi jenjang inflasi dan deflasi jurang inflasi dan jurang deflasi jurnal inflasi dan deflasi jurnal tentang inflasi dan deflasi kapan inflasi dan deflasi terjadi kata pengantar makalah inflasi dan deflasi kebijakan fiskal mengatasi inflasi dan deflasi kebijakan inflasi dan deflasi kesan inflasi dan deflasi kesenjangan inflasi dan kesenjangan deflasi kesimpulan inflasi dan deflasi keuntungan inflasi dan deflasi klasifikasi level inflasi dan deflasi konsep inflasi dan deflasi landasan teori inflasi dan deflasi latar belakang inflasi dan deflasi latar belakang makalah inflasi dan deflasi makalah ekonomi makro inflasi dan deflasi makna inflasi dan deflasi maksud inflasi dan deflasi maksud inflasi dan deflasi perniagaan materi ekonomi inflasi dan deflasi materi inflasi dan deflasi mengapa inflasi dan deflasi terjadi nota inflasi dan deflasi pendapatan nasional pengangguran inflasi dan deflasi pengaruh inflasi dan deflasi terhadap nilai uang pengaruh inflasi dan deflasi terhadap penawaran uang pengaruh inflasi dan deflasi terhadap perekonomian indonesia pengertian devaluasi inflasi deflasi dan reflasi pengertian inflasi dan deflasi beserta contoh pengertian inflasi dan deflasi beserta contohnya pengertian inflasi dan deflasi brainly pengertian inflasi dan deflasi dalam ekonomi pengertian inflasi dan deflasi dalam ekonomi makro pengertian inflasi dan deflasi dalam ilmu ekonomi pengertian inflasi dan deflasi dan cara mengatasinya pengertian inflasi dan deflasi menurut para ahli pengertian inflasi dan deflasi serta cara mengatasinya pengertian inflasi deflasi dan contohnya pengertian inflasi deflasi dan kebijakan moneter pengertian inflasi deflasi dan resesi pengertian inflasi deflasi dan revaluasi pengertian inflasi deflasi dan stagflasi pengertian inflasi gap dan deflasi gap pengertian jurang inflasi dan jurang deflasi perbedaan celah inflasi dan celah deflasi perbedaan inflasi dan deflasi adalah perbedaan inflasi dan deflasi dalam bentuk tabel perbezaan antara inflasi dan deflasi perbezaan inflasi dan deflasi pertanyaan untuk inflasi dan deflasi pertanyaan untuk materi inflasi dan deflasi rangkuman inflasi dan deflasi rumus inflasi dan deflasi sebab inflasi dan deflasi sebab terjadinya inflasi dan deflasi sejarah inflasi dan deflasi di indonesia tentang inflasi dan deflasi teori inflasi dan deflasi terjadinya inflasi dan deflasi tujuan inflasi dan deflasi upaya pemerintah mengatasi inflasi dan deflasi yang dimaksud dengan inflasi dan deflasi yang dimaksud inflasi dan deflasi yang mempengaruhi inflasi dan deflasi Wajah Cerah Setiap Hari Secara Alami Manfaat Nutrisi Kacang Hijau untuk Ibu Hamil 5 Cara Mengatasi Penyebab Flek Saat Hamil Kualitas Terbaik Baja Ringan di Jakarta Jenis Baja Ringan Kualitas terbaik di Jakarta Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Obat Tradisional Campak Pada Anak dan Dewasa Pentingnya Menuntut Ilmu Ulama yang Bersanad Apa Hukum Khusyu' Dalam Shalat.? Pengaruh Teknologi di bidang Ekonomi 5 Hukum Membayar Zakat Dengan Uang Aishwa Nahla - Innal Habibal Musthofa (HD) Jenis Lulur untuk Kulit Kusam dan Cara Membuatnya Mengatasi Kulit Kering Secara Alami Alhamdulillah, Warga Papua Mengenal Islam Secara Perlahan Aishwa Nahla - Innal Habibal Musthofa Konsep Akad Dalam Islam

0 komentar:

Posting Komentar