Tuesday, November 13, 2018

Perkembangan Perhatian Terhadap Pembangunan Ekonomi

Perkembangan Perhatian Terhadap Pembangunan Ekonomi

Perkembangan Perhatian Terhadap Pembangunan Ekonomi

Perhatian secara intens terhadap masalah pembangunan ekonomi-terutama masalah pertumbuhan ekonomi dan  investasi (analisis dinamis)-dimulai sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua (PD II). Kurangnya perhatian sebelum PD II ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :

Pertama, Sebagian besar Negara Sedang Berkembang (NSB) masih daerah jajahan. Para penjajah mencari daerah-daerah jajahan hanya untuk menciptakan keuntungan bagi mereka, jadi bukan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan daerah-daerah jajahannya tersebut.

Kedua, Para pemimpin masyarakat yang dijajah saat itu hanya memikirkan bagaimana caranya untuk meraih kemerdekaan. Menurut mereka, pembangunan ekonomi hanya bisa dilakukan jika penjajahan telah berakhir.

Ketiga, Ekonom, penelitian, dan analisis mengenai masalah pembangunan ekonomi relatif masih. sedikit. Sementara ekonom Barat pada masa itu lebih memusatkan perhatian kepada masalah ekonomi dan pengangguran, karena selama tiga dekade awal abad ke-20 ini depresi (malaise) dan pengangguran merupakan masalah dunia yang utama.

Setelah PD ll perhatian terhadap pembangunan ekonomi tumbuh dengan pesat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor:

Pertama, Berkembangnya cita-cita_negara-negara yang baru merdeka untuk mengejar ketertinggalan mereka dalam bidang ekonomi dari negara-negara maju, misalnya Indonesia, India, Pakistan, dan Korea. Negara-negara tersebut relatif miskin dan juga mengalami masalah kependudukan yang cukup serius ,tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi dan pertumbuhan penduduk sangat cepat.

Kedua, Berkembangnya perhatian negara-negara maju terhadap usaha pembangunan (khususnya ekonomi) di NSB, disebabkan oleh rasa kemanusiaan untuk membantu NSB dalam mempercepat laju pembangunan ekonomi mereka dan mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju. Selain itu pertimbangan lain yaitu untuk dapat dukungan dalam perang ideologi antara Blok Barat dan Timur pada saat itu. Bantuan-bantuan tersebut sifatnya bermacam-macam, misalnya hibah (grant), yang berarti bahwa NSB yang menerimanya tidak perlu membayar kembali bantuan tersebut.

Bantuan untuk melakukan studi kelaikan suatu proyek, atau pinjaman yang syarat-syaratnya biasanya jauh lebih ringan dari pada pinjaman komersial biasa. ( tingkat bunga rendah dan waktu pengembalian yang panjang, misalnya 20-25 tahun).

Lihat Juga :

Keyword :
contoh pembangunan ekonomi tujuan pembangunan ekonomi perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi perencanaan pembangunan ekonomi faktor pembangunan ekonomi pembangunan ekonomi menurut para ahli konsep pembangunan ekonomi pembangunan ekonomi indonesia pembangunan ekonomi pembangunan ekonomi adalah pembangunan ekonomi di indonesia pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi pembangunan ekonomi daerah pembangunan ekonomi indonesia bertujuan untuk pembangunan ekonomi indonesia ekonomi pembangunan unpad pembangunan ekonomi menurut para ahli ekonomi pembangunan unair ekonomi pembangunan uns pembangunan ekonomi merupakan pembangunan ekonomi inklusif pembangunan ekonomi pdf ekonomi pembangunan usu pembangunan ekonomi di indonesia saat ini ekonomi pembangunan unsoed ekonomi pembangunan undip pembangunan ekonomi dan ekonomi pembangunan pembangunan ekonomi di negara berkembang pembangunan ekonomi pada masa orde baru pembangunan ekonomi desa pembangunan ekonomi nasional pembangunan ekonomi regional pembangunan ekonomi indonesia saat ini pembangunan ekonomi islam pembangunan ekonomi lokal pembangunan ekonomi di negara maju pembangunan ekonomi pedesaan ekonomi pembangunan todaro edisi 11 pdf pembangunan ekonomi negara maju ekonomi pembangunan 1 pembangunan ekonomi dalam prosesnya berupaya meningkatkan ekonomi pembangunan 2 elemen pembangunan ekonomi pembangunan ekonomi bertujuan untuk pembangunan ekonomi kerakyatan pembangunan ekonomi orde baru pembangunan ekonomi ppt pembangunan ekonomi berwawasan lingkungan pembangunan ekonomi china pembangunan ekonomi dipengaruhi oleh kemajuan teknologi pembangunan ekonomi indonesia 2016 pembangunan ekonomi jepang pembangunan ekonomi negara pembangunan ekonomi negara malaysia pembangunan ekonomi sebagai proses transformasi pembangunan ekonomi dalam konteks hubungan etnik antontasik.com

0 comments:

Post a Comment