Fungsi Pemerintahan | Ekonomi Publik - Belajar Ekonomi

Mencari, Menggali dan Memberi.

Sunday, December 2, 2018

Fungsi Pemerintahan | Ekonomi Publik

Fungsi Pemerintahan | Ekonomi Publik

Download Artikel Document

Peranana pemerintah sangat besar dalam sistem perekonomian sosialis dan sangat terbatas dalam sistem perekonomian kapitalis.
Adam Smith mengemukakan teori bahwa pemerintahan memiliki 3 fungsi :
1. Fungsi pemerintah untuk memelihara keamanan dalam negeri dan pertahanan.
2. Fungsi pemerintah untuk menyelenggarakan peradilan.
3. Fungsi pemerintah untuk menyediakan barang-barang yang tidak disediakan oleh pihak swasta, sepertihalnya dengan jalan, dam-dam dan sebagainya.
Adam smith juga mengatakan bahwa pemerintah memiliki peranan dalam 3 bidang saja, diantaranya :
1. Melaksanakan peradilan
2. Melaksanakan pertahanan/keamanan
3. Melaksanakan pekerjaan umum
Dalam hal ini pemerintah memiliki peranan untuk mengatur, memperbaiki atau mengarahkan aktivitas sektor swasta.
Dalam perekonomian modern, peranan pemerintah dapat diklasifikasi dalam 3 golongan besar. yaitu;
1. Peranan alokasi, yaitu peranan pemerintah dalam alokasi sumber sumber ekonomi.
2. Peranan distribusi, dan
3. Peranan stabilitasi.

Peranan Alokasi
Barang dan jasa yang tidak dapat disediakan oleh sistem pasar dinamakan barang publik. Yaitu barang yang tidak disediakan melalui transaksi antara penjual dan pembeli. Barang swasta adalah barang yang dapat disediakan melalui sistem pasar, yaitu melalui transaksi penjual dan pembeli.
Perbedaan antara barang swasta dan barang publik
Dapat Dikecualikan Tidak Dapat Dikecualikan
Rival Barang Swasta Murni :
- Biaya pengecualian rendah
- Dihasilkan oleh swasta
- Dijual melalui pasar
- Dibiayai dari hasil penjualan
- Dihasilkan oleh swasta atau pemerintah
Contoh :
Sepatu, pensil, dan sebagainya Barang Campuran (Quasi Public)
- Barang yang manfaatnya dirasakan bersama dan dikonsumsikan bersama tetapi dapat terjadi kepadatan
- Dijual melalui pasar atau langsung oleh pemerintah
Contoh :
Taman
Nonrival Barang Campuran (Quast Private)
- Barang swasta yang menimbulkan eksternalitas
- Dibiayai dari hasil penjualan atau Dibiayai dengan APBN

Contoh : rumah sakit, transportasi umum, pemancar TV Barang Publik Murni
- Biayai pengecualian besar
- Dihasilkan oleh pemerintah
- Disalurkan oleh pemerintah
- Dijual melalui pasar atau langsung oleh pemerintah

Contoh : Pertahanan, Peradilan

Peranan Distribusi
Distribusi pemdapatan tergantung dari pemilikan faktor-faktor produksi permintaan dan penawaran faktor produksi, sistem warisan dan kemampuan memperoleh pendapatan. Kemampuan memperoleh pendapatan tergantung dari pendidikan, bakat dan sebagainya.
Distribusi pendapatan dan kekayaan yang ditimbulkan oleh sistem pasar mungkin dianggap oleh masyarakat sebagai tidak adil. Masalah keadilan dalam distribusin pendapatan merupakan masalah yang rumit dalam ilmu ekonomi. Menurut ahli ekonomi mengungkapkan jika masalah efisiensi dan masalah keadilan harus dipisahkan.
Keadilan bukanlah sesuatu yang bersifat statis dan absolut akan tetapi merupakan suatu hal yang dinamis dan relatif, tergantung dari persepsi masyarakat terhadap keadilan.

Peranan Stabilisasi
Pemerintah mempunyai peranan utama sebagai alat stabilitas ekonomi. Perekonomian yang sepenuhnya diserahkan kepada swasta akan mengakibatkan guncangan yang dirasakan langsung sehingga terjadinya pengangguaran dan inflasi.
Peranan pemerintah sebagai alat untuk mengalokasi sumber-sumber ekonomi, distribusi pendapatan dan stabilisasi ekonomi dapat menimbulkan pertentangan kebijaksanaan pemerintah.
Perkembangan ekonomi akan tercapai apabila investasi masyarakat semakin besar. Golongan kaya menabung lebih banyak (secara relatif) dari pada orang-orang miskin oleh karena average propensity to save mereka lebih besar dari golongan miskin.
Dana swasta dalam negeri harus dikerahkan sebesar mungkin yang berarti golongan yang kaya harus dikenakan pajak yang lebih rendah dari pada golongan miskin sehingga golongan kaya dapat menggunakan tabungan mereka untuk investasi.

Kegagalan Pemerintah
Kegagalan pemerintahan diantaranya adalah :
1. Campur tangan pemerintah kadang-kadang menimbulkan dampak yang tidak diperkirakan terlebih dahulu. Misalnya saja, kebijakan pemerintah dalam mengatur tataniaga cengkeh agar penghasilan petani cengkeh naik, ternyata membawa dampak permintaan tembakau menurun sehingga pendapatan petani tembakau juga turun.
2. Campur tangan pemerintah memerlukan biaya yang tidak murah, oleh karena itu maka campur tangan pemerintah harus dipertimbangkan manfaat dan biayayanya secara cermat agar tidak lebih besar dari pada biaya masyarakat tanpa adanya campur tangan pemerintah.
3. Adanya kegagalan dalam pelaksanan program pemerintah. Pelaksanaan program pemerintah memerlukan tender, dan sistem yang kompleks.
4. Perilaku pemegang kebijakan pemerintah yang bersifat mengejar keuntungan keuntungan pribadi atau rent seeking behavior.
Jadi, tidak selamanya campur tangan pemerintah menyebabkan peningkatan kesejahteraan, bahkan kadang-kadang justeru menjauh dari kondisi pareto optimal.

Download Artikel Document

Lihat Juga :

Keyword : 
4 fungsi pemerintah dalam perekonomian makalah peran pemerintah dalam perekonomian ekonomi publik pdf 4 peran pemerintah dalam ekonomi publik materi kuliah ekonomi publik konsep ekonomi publik peran pemerintah dalam bidang ekonomi ruang lingkup ekonomi publik 4 fungsi pemerintah dalam perekonomian makalah peran pemerintah dalam perekonomian ekonomi publik pdf 4 peran pemerintah dalam ekonomi publik materi kuliah ekonomi publik konsep ekonomi publik peran pemerintah dalam bidang ekonomi ruang lingkup ekonomi publik 4 fungsi pemerintah dalam perekonomian makalah peran pemerintah dalam perekonomian ekonomi publik pdf 4 peran pemerintah dalam ekonomi publik materi kuliah ekonomi publik konsep ekonomi publik peran pemerintah dalam bidang ekonomi ruang lingkup ekonomi publik 4 fungsi pemerintah dalam perekonomian makalah peran pemerintah dalam perekonomian ekonomi publik pdf 4 peran pemerintah dalam ekonomi publik materi kuliah ekonomi publik konsep ekonomi publik peran pemerintah dalam bidang ekonomi ruang lingkup ekonomi publik 4 fungsi pemerintah dalam perekonomian makalah peran pemerintah dalam perekonomian ekonomi publik pdf 4 peran pemerintah dalam ekonomi publik materi kuliah ekonomi publik konsep ekonomi publik peran pemerintah dalam bidang ekonomi ruang lingkup ekonomi publik Tips Penting Menggunakan Baja Ringan Ampuh Hilangkan Jerawat Dengan Cepat 7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Baja Ringan Kualitas Terbaik di Jakarta Informasi Pencegahan Penyakit Ginjal Hukum Nikah Mut'ah Cara Untuk Puaskan Istri di Tempat Tidur Ringkasan Sejarah Wali Songo PDF

No comments:

Post a Comment