Sunday, November 11, 2018

HAK & KEPEMILIKAN DALAM ISLAM

HAK & KEPEMILIKAN (الحقّ و الملك)

HAK & KEPEMILIKAN DALAM ISLAM

Pengertian Hak

Hak menurut bahasa adalah  الثبوت و الوجوب, artinya tetap (QS. Yasin:7) dan wajib (QS. Al Baqarah : 241)

Sedangkan secara istilah :

الحقّ :الحكم الثابت شرعا 

"Hukum yang telah tetap menurut syariah"


 الحقّ : اختصاص يقرّر به الشرع سلطة او تكليفا

"Suatu ketentuan yang digunakan oleh syariah untuk menetapkan suatu kekuasaan atau suatu beban hukum"

الحقّ : السلطة على الشيء او ما يجب على شخص لغيره

"Kekuasaan mengenai sesuatu atau sesuatu yang wajib dari seseorang kepada yang lainnya"

Pengertian Kepemilikan :

الملك : اختصاص يمكن صاحبه شرعا ان يستبدّ بالتصرّف والاءنتفاع عند عدم المانع الشرعيّ

" Kekhususan yang terdapat pada pemilik suatu barang menurut syara' , untuk bertindak secara bebas bertujuan mengambil manfaatnya selama tidak ada penghalang"

Hak merupakan suatu ketentuan yang digunakan oleh syara’ untuk menetapkan suatu kekuasaan/ kewenangan atau suatu beban hukum, sedangkan kepemilikan merupakan otoritas atau kewenangan terhadap sesuatu yang menghalangi orang lain darinya yang memungkinkan sang pemilik melakukan tasharruf kecuali ada penghalang syara'

Kepemilikan atau milik adalah hubungan antara manusia dan harta yang diakui oleh syariat dan membuatnya memiliki hubungan kewenangan terhadapnya, dan ia berhak melakukan tasharruf apa saja selama tidak ada larangan yang menghalangi untuk itu.

Pembagian Hak 

Hak Maal dan Hak Syakhshi
  1. Hak Maal : suatu hak yang berkaitan dengan harta, seperti benda berwujud ('ain) atau utang (Dayn)
  2. Hak Syakhshi : suatu tuntutan yang ditetapkan Syariah dari seseorang terhadap orang lain

Klasifikasi Kepemilikan
  1. Milk Taam, yaitu suatu kepemilikan yang meliputi penguasaan terhadap benda dan manfaatnya sekaligus. 
  2. Milk Naqish, yaitu suatu kepemilikan seseorang yang hanya memiliki salah satu dari benda tanpa memiliki manfaatnya atau memiliki manfaat tanpa memiliki benda tersebut.

Sebab Kepemilikan Harta
1. Ikhraj Al Mubahat, untuk harta yang mubah ( belum dimiliki seseorang) dapat diartikan sebagai "harta yang tidak termasuk dalam harta yang dihormati (milik yang sah) dan tak ada penghalang syariah untuk dimiliki".
a. Ihyaa' al mawaat 
من احيا ارضا ميّة فهي له

b. Ishtiyad (berburu)
أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِ ۖ وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ صَيْدُ الْبَرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًا ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ [٥:٩٦] 

Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan. (Al-Maidah : 96)

c. Penguasaan terhadap Kala' dan Ajam
الناس شركاء فى ثلاثة الماء والكللأ والنار

d. Penguasaan terhadap Ma'aadin (barang tambang) dan Kunuz (harta terpendam) keduanya biasa disebut dengan Rikaz
و فى الركاز الخمس

2. Khalafiyah, yaitu "bertempatnya seseorang atau sesuatu yang baru bertempat di tempat yang lama, yang telah hilang pelbagai haknya". 

Khalafiyah terdiri dari 2 macam :
  1. Khalafiyah syakhshy 'an syakhshy, yaitu si waris yang menempati si muwaris dalam memiliki harta yang ditinggalkan oleh muwaris, dan harta yang ditinggalkan tersebut biasa disebut Tirkah.
  2. Khalafiyah Syai'in Syaiin, yaitu seseorang merugikan milik orang lain atau menyerobot barang orang lain, kemudian rusak atau hilang, maka wajib dibayar harganya atau diganti kerugian-kerugian pemilik harta. 
3. Tawallud min Mamluk, yaitu segala yang terjadi dari benda yang telah dimiliki, menjadi hak bagi yang memiliki benda tersebut.
4. Akad-akad yang memindahkan sebuah kepemilikan 
Akad tijarry dan Akad tabarru'

Akad perdagangan (sudah ditentukan) / Akad taawwun (belum ditentukan) / Akad tadayyun (Hutang)

Lihat Juga :

Keyword :
hadits tentang hak dan kepemilikan dalam islam hak dan kepemilikan dalam ekonomi islam hak dan kepemilikan dalam islam hak dan milik dalam islam hak dan milik dalam konsep islam hak kepemilikan dalam islam hak milik dalam ekonomi islam hak milik dalam hukum islam hak milik dalam islam adalah hak milik dalam islam dan konvensional hak milik dalam islam pdf hak milik dalam pandangan islam hak milik dalam pandangan islam pdf hak milik dalam perspektif islam hak milik dan kepemilikan dalam ekonomi islam hak milik dan kepemilikan dalam islam hak milik menurut hukum islam hak milik menurut syariat islam harta dan hak milik dalam pandangan islam jurnal hak milik dalam islam pdf konsep hak dan kepemilikan dalam islam konsep hak milik dalam islam pdf konsep harta hak milik dan kepemilikan dalam islam konsep kepemilikan dan hak milik dalam islam makalah hak dan kepemilikan dalam islam makalah hak milik dan kepemilikan dalam islam makalah konsep harta hak milik dan kepemilikan dalam islam pengertian hak dan kepemilikan dalam islam perbedaan hak dan milik dalam islam pertanyaan tentang hak dan kepemilikan dalam islam hadits tentang hak dan kepemilikan dalam islam hak dan kepemilikan dalam ekonomi islam hak dan kepemilikan dalam islam hak dan milik dalam islam hak dan milik dalam konsep islam hak kepemilikan dalam islam hak milik dalam ekonomi islam hak milik dalam hukum islam hak milik dalam islam adalah hak milik dalam islam dan konvensional hak milik dalam islam pdf hak milik dalam pandangan islam hak milik dalam pandangan islam pdf hak milik dalam perspektif islam hak milik dan kepemilikan dalam ekonomi islam hak milik dan kepemilikan dalam islam hak milik menurut hukum islam hak milik menurut syariat islam harta dan hak milik dalam pandangan islam jurnal hak milik dalam islam pdf konsep hak dan kepemilikan dalam islam konsep hak milik dalam islam pdf konsep harta hak milik dan kepemilikan dalam islam konsep kepemilikan dan hak milik dalam islam makalah hak dan kepemilikan dalam islam makalah hak milik dan kepemilikan dalam islam makalah konsep harta hak milik dan kepemilikan dalam islam pengertian hak dan kepemilikan dalam islam perbedaan hak dan milik dalam islam pertanyaan tentang hak dan kepemilikan dalam islam

0 comments:

Post a Comment