Kamis, 08 November 2018

Kondisi Ekonomi Indonesia 2017

Kondisi Ekonomi Indonesia 2017

Kondisi Ekonomi Indonesia 2017

Kondisi Ekonomi Indonesia 2017 - Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas menyebutkan kondisi perekonomian Indonesia pada 2017 dihadapkan berbagai tantangan yang tidak ringan dan bisa mengejutkan, baik yang datang dari eksternal maupun domestik.

Hal ini disampaikan Ronald Waas dalam Sertijab Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu Bambang Himawan kepada Endang Kurnia Saputra di Bengkulu, Rabu (2/10/2016).

"Kondisi perekonomian global saat ini cenderung bias ke bawah, sebagai dampak pemulihan ekonomi global yang masih cenderung lambat dan tidak merata," kata Ronald.

Ekonomi dunia yang semula diproyeksikan tumbuh 3,5 persen harus dikoreksi menjadi 3 persen yang lebih rendah dibanding tahun lalu 3,1 persen.

Potensi bias ke bawah ini didorong oleh perkiraan pertumbuhan ekonomi AS yang tidak sekuat proyeksi sebelumnya, dan ekonomi Tiongkok masih mengalami perlambatan.

Lihat Juga : MAKALAH TENTANG WARALABA

Kenaikan suku bungan Bank Sentral Amerika Serikat (Fed Fund Rate) yang diperkirakan terjadi pada Desember 2016 turut menimbulkan ketidakpastian di pasar dan mempengaruhi perkembangan ekonomi global.

Normalisasi kebijakan The Fed berpotensi memicu capital outflows, sehingga dapat menimbulkan tekanan pasar keuangan di kawasan, tak terkecuali Indonesia.

Sementara itu tantangan domestik Indonesia diwarnai dengan pertumbuhan ekonomi yang melambat, defisit fiskal yang diperkirakan masih akan besar, utang luar negeri mengalami kenaikan, serta pertumbhan kredit yang masih rendah dengan diikuti risiko peningkatan kredit bermasalah (Non Performing Loan).

Berdasarkan laporan Indeks Daya Saing Global 2016-2017 dirilis World Economic Forum (WEF), menunjukkan daya saing Indonesia merosot dari peringkat 37 menjadi 41 dari 138 negara.

Kondisi ini menunjukkan Indonesia harus lebih keras lagi untuk dapat bersaing dalam perekonomian dunia. Berkaca pada tantangan tersebut BI mencanangkan bauran kebijakan yang mengutamakan stabilitas ekonomi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Kebijakan BI senantiasa diarahkan untuk menciptakan kondisi makroekonomi yang stabil, terutama pencapaian inflasi menuju sarana yang ditetapkan, dan menunrunkan defisit transaksi berjalan.

"Peran kantor Bank Indonesia di wilayah perwakilan sebagai mintra pemerintah semakin penting, terutama dalam memberikan masukan tentang arah kebijakan pembangunan," paparnya.

Lihat Juga :

Keyword :
kondisi ekonomi kondisi ekonomi indonesia kondisi ekonomi indonesia pada awal kemerdekaan kondisi ekonomi pada masa demokrasi liberal kondisi ekonomi pada masa demokrasi terpimpin kondisi ekonomi pada awal kemerdekaan kondisi ekonomi awal kemerdekaan kondisi ekonomi masyarakat madinah sebelum islam kondisi ekonomi saat ini kondisi ekonomi dunia saat ini kondisi ekonomi di indonesia kondisi ekonomi masyarakat arab sebelum islam kondisi ekonomi amerika serikat kondisi ekonomi malaysia kondisi ekonomi turki kondisi ekonomi 2018 kondisi ekonomi demokrasi terpimpin kondisi ekonomi jepang kondisi ekonomi masa demokrasi terpimpin kondisi ekonomi yang mencerminkan keadaan di negara maju yaitu kondisi ekonomi global 2018 kondisi ekonomi dan politik sebelum reformasi kondisi ekonomi indonesia pasca pengakuan kedaulatan kondisi ekonomi kerajaan kutai kondisi ekonomi thailand kondisi ekonomi malaysia saat ini kondisi ekonomi dan sosial masyarakat kondisi ekonomi kerajaan majapahit kondisi ekonomi kerajaan sriwijaya kondisi ekonomi kerajaan tarumanegara kondisi ekonomi indonesia sekarang kondisi ekonomi timor leste kondisi ekonomi global kondisi ekonomi orde baru kondisi ekonomi bali kondisi ekonomi kerajaan kediri kondisi ekonomi myanmar kondisi ekonomi negara asean kondisi ekonomi pasca kemerdekaan kondisi ekonomi singapura kondisi ekonomi negara jepang kondisi ekonomi sosial politik dan pendidikan negara india kondisi ekonomi 2017 kondisi ekonomi rakyat indonesia pada masa kolonial kondisi ekonomi rusia saat ini kondisi ekonomi china kondisi ekonomi hari ini kondisi ekonomi saat ini 2018 kondisi ekonomi 2014 kondisi ekonomi 2015 kondisi ekonomi 2016 kondisi ekonomi brazil kondisi ekonomi china saat ini kondisi ekonomi eropa kondisi ekonomi eropa saat ini kondisi ekonomi global 2016 kondisi ekonomi global saat ini kondisi ekonomi jerman kondisi ekonomi kh abdurrahman wahid kondisi ekonomi qatar Menghilangkan Kerutan Pada Wajah Kenapa Kita Mendo'akan Rasulullah S.A.W Hukum Cadar Dalam Islam Penjelasan Tentang Pendapat Rebo Wekasan HARTA MENURUT ISLAM 7 Makanan Penambah Darah Dengan Cepat 7 Makanan Penderita Kanker Rahim Info Seputar Darah Rendah Cara Memutihkan Wajah Pria dan Wanita Alami Apakah Rebo Wekasan Itu HARI SIAL.?

0 komentar:

Posting Komentar