Mengenal Inflasi | Apa itu Inflasi.?

Mengenal Inflasi | Apa itu Inflasi.?

Pegertian Inflasi

Inflasi merupakan salah satu istilah dalam Ilmu ekonomi. Inflaasi adalah sebuah proses meningkatnya harga-harga dan berkesinambungan (terusmenerus) yang berkaitan dengan mekanisme pasar yang bisa terjadi oleh beberapa faktor.

Faktor Terjandinya Inflasi

Diantara Faktor-faktor yang bsia membuat terjadinya inflasi adalah  meningkatnya konsumsi masyarakat, likuiditas dipasar berlebihan yang bisa memicu kepada konsumsi hingga spekulasi, dan juga karena ketidak lancaran pendistribusian barang.

Adapun pengertian lain, inflasi juga bisa disebut sebagai sebuah proses turunya mata uang secara berkesinambungan. Inflasi merupakan sebuah proses pada suatu peristiwa, bukan rendah dan tingginya sebuah harga. Artinya, harga yang tinggi belum tentu termasuk dari pengertian inflasi. Inflasi merupakan sebuah indikator untuk melihat peningkatan perubahan, dan disebut inflasi apabilah terjadinya sebuah proses peningkatan harga yang terjadi secara terus menerus dan juga saling berkaitan dan bisa mempengaruhi kepada hal-hal yang lainnya.

Istilah inflasi juga bisa diartikan sebagai peningkatan pada persediaan uang yang terkadang bisa dilihat sebagai faktor penyebab meningkatnya harga. Ada banyak cara untuk bisa menghitung dan mengukur tingkat inflasi, yang sering digunakan adalah GDP Deflator dan jug CPI.

Golongan Inflasi

Inflasi bisa digolongkan menjadi 4 golongan, diantaranya :
  1. Inflasi ringan : inflasi ringan terjadi apabila kenaikan harganya berada di angka 10% dalam setahun.
  2. Inflasi sedang : Inflasi sedang terjadi apabila kenaikan harganya berada di angka 10%-30%
  3. Inflasi berat : Inflasi sedang terjadi apabila kenaikan harganya berada di angka 30%-100%
  4. Hiper Inflasi : Inflasi sedang terjadi apabila kenaikan harganya berada di atas angka 100%

Terima Kasih terlah berkunjung ke Belajar Ekonomi



Keyword : inflasi di indonesia, penyebab inflasi, inflasi 2018, contoh inflasi, dampak inflasi, contoh inflasi dan deflasi, materi inflasi, inflasi ringan

anton basir

Terima Kasih telah berkunjung ke halaman ini, Semoga bermanfaat. Jangan lupa Share dan beri kebaikan sebanyak mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar