Jumat, 19 Oktober 2018

Pengertian Dan Teori Produksi

Pengertian Produksi

Produksi adalah suatu proses untuk mengubah barang input menjadi barang output. Dapat pula dikatakan bahwa produksi adalah rangkaian proses yang meliputi semua kegiatan yang dapat menambah atau menciptakan nilai guna dari barang dan jasa.

Jangka Waktu Produksi

  • Jangka pendek : jangka waktu dimana input variabel dapat berubah namun terdapat input tetap yang tidak dapat disesuaikan.
  • Jangka panjang: ketika semua input bersifat variabel dan dapat disesuaikan.

Teori Produksi

Teori produksi adalah teori yang menerangkan sifat hubungan antara tingkat produksi yang akan dicapai dengan jumlah faktor-faktor produksi yang digunakan. Konsep utama yang dikenal dalam teori ini adalah memproduksi output semakismal mungkin dengan input tertentu, serta memproduksi sejumlah output tertentu dengan biaya produksi seminimal mungkin.

Hukum Hasil yang Semakin Berkurang (The Law of Diminishing Return) Merupakan hukum yang dicetuskan oleh David Richardo. Hukum ini menyatakan bahwa penambahan faktor produksi tidak selalu memberikan peningkatan hasil yang sebanding, pada titik tertentu, penambahan hasil akan semakin berkurang meskipun faktor produksi terus ditambah. Hal ini dikarenakan penambahan iput secara terus menerus akan berakibat pada jumlah input yang melebihi kapasitas produksi sehingga produktivitas tidak lagi maksimal.

Seperti yang dapat kita lihat pada gambar di bawah ini, dapat kita lihat terdapat kurva produksi total, serta kurva rata-rata produksi dan kurva produksi marginal. Dapat kita lihat bahwa penambahan satu orang tenaga kerja sebagai input akan meningkatkan jumlah output total yang dihasilkan, begitu juga penambahan tenaga kerja kedua masih akan menambah jumlah produksi total yang dihasilakn (lihat gambar pada kurva produksi total). Akan tetapi, tambahan produksi yang diberikan oleh pekerja akan semakin berkurang. Penambahan pekerja pertama masih memberikan tambahan hasil yang tinggi, akan tetapi penambahan pekerja kedua, ketiga dan seterusnya akan memberikan tambahan hasil yang lebih rendah dibandingkan dengan tambahan pekerja pertama (lihat kurva produksi marginal).

Lihat Juga :
ARTI DAN PRINSIP-PRINSIP FIQIH MUAMALAH(المعاملة)
MATERI PERTUMBUHAN EKONOMI
MENGENAL AKTIVA TETAP

Keyword :
contoh teori produksi makalah teori produksi contoh soal teori produksi rangkuman teori produksi teori produksi pdf teori produksi menurut para ahli teori produksi ekonomi manajerial teori produksi menitikberatkan pada teori produksi contoh teori produksi makalah teori produksi contoh soal teori produksi rangkuman teori produksi teori produksi pdf teori produksi menurut para ahli teori produksi ekonomi manajerial teori produksi menitikberatkan pada teori produksi contoh teori produksi makalah teori produksi contoh soal teori produksi rangkuman teori produksi teori produksi pdf teori produksi menurut para ahli teori produksi ekonomi manajerial teori produksi menitikberatkan pada teori produksi contoh teori produksi makalah teori produksi contoh soal teori produksi rangkuman teori produksi teori produksi pdf teori produksi menurut para ahli teori produksi ekonomi manajerial teori produksi menitikberatkan pada teori produksi contoh teori produksi makalah teori produksi contoh soal teori produksi rangkuman teori produksi teori produksi pdf teori produksi menurut para ahli teori produksi ekonomi manajerial teori produksi menitikberatkan pada teori produksi contoh teori produksi makalah teori produksi contoh soal teori produksi rangkuman teori produksi teori produksi pdf teori produksi menurut para ahli teori produksi ekonomi manajerial teori produksi menitikberatkan pada teori produksi contoh teori produksi makalah teori produksi contoh soal teori produksi rangkuman teori produksi teori produksi pdf teori produksi menurut para ahli teori produksi ekonomi manajerial teori produksi menitikberatkan pada teori produksi Cream Pengencang Kulit Wajah Paling Cepat MENGENAL AKTIVA TETAP MENGENAL TENTANG PEMASARAN MATERI PERTUMBUHAN EKONOMI POSISI BIROKRASI DALAM PEMERINTAHAN Arti dan Prinsip Fiqih Muamalah Siklus Akuntansi Pendidikan
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: