Jenis – Jenis Struktur Pasar dan Persaingan Harga - Belajar Ekonomi

Mencari, Menggali dan Memberi.

Monday, October 22, 2018

Jenis – Jenis Struktur Pasar dan Persaingan Harga

Jenis – Jenis Struktur Pasar dan Persaingan Harga

Jenis – Jenis Struktur Pasar dan Persaingan Harga


1. Pasar Persaingan Sempurna ( Perfect Competitive Market)
Adalah suatu industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual maupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar. Dengan kata lain pasar persaingan sempurna ini merupakan pasar dengan penjualan yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melaului mekanisme pasar dan hasil interaksi antara permintaan dan penawaran.

Contoh pasar adalah : pada sektor pasar induk, serata Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, singkong , kentang, jagung dan lain-lain.

2. Pasar Monopoli (Close Subtitute)
Suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan saja, dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Sebagai penjual tunggal, maka ia memiliki kekuatan untuk mengatur harga (price maker).

Artinya bahwa barang-barang atau jasa yang dihasilkan tidak dapat dibeli dari tempat lain. Konsumen tidak punya pilihan lain, bila mereka menginginkan barang tersebut, maka mereka harus membeli dari perusahaan tersebut. Para konsumen tidak dapat berbuat suatu apapun di dalam menentukan harga.

Contoh empirisnya : Perusahaan Milik Negara (BUMN)  seperti PLN, Perumka, Telkom dan lainya.

3. Pasar Oligopoli
Suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. Atau juga bisa dikatakan suatu bentuk persainagn pasar yang didominasi oeleh beberapa produsen/penjual dalam satu wilayah area.

Contoh empirisnya : Industri Semen, Industri kosmetik, IndustriSepedah Motor di Indonesia seperti Honda, Suzuki, dan Yamaha.

4. Pasar Monopolistik
pasar dengan banyak produsen yang menghasilkan komoditas yang berbeda karakteristik (differentiated product) dan bisa disebut juga sebagai pasar yang banyak penjual, yang menawarkan satu jenis barang dengan deferensi produk yang berbeda-beda baik dari segi kualitas, bentuk dan ukuran.

Contoh empirisnya : Sektor perdagangan eceran dan Jasa. Seperti Pompa bensin, toko bahan pangan, toko bahan bangunan dan lainya.


Keyword :
contoh struktur pasar pengertian struktur pasar makalah struktur pasar struktur pasar pdf struktur pasar persaingan sempurna pasar monopoli materi struktur pasar konsep struktur pasar makalah persaingan harga apa yang dimaksud dengan persaingan harga cara keluar dari persaingan harga contoh persaingan harga teori persaingan harga persaingan harga di marketplace persaingan harga dan nonharga persaingan harga online 4 jenis pasar bentuk bentuk pasar dan contohnya jenis jenis pasar macam macam pasar oligopoli makalah bentuk bentuk pasar macam macam bentuk pasar jenis jenis pasar dan contohnya sebutkan bentuk bentuk pasar contoh struktur pasar pengertian struktur pasar makalah struktur pasar struktur pasar pdf struktur pasar persaingan sempurna pasar monopoli materi struktur pasar konsep struktur pasar makalah persaingan harga apa yang dimaksud dengan persaingan harga cara keluar dari persaingan harga contoh persaingan harga teori persaingan harga persaingan harga di marketplace persaingan harga dan nonharga persaingan harga online 4 jenis pasar bentuk bentuk pasar dan contohnya jenis jenis pasar macam macam pasar oligopoli makalah bentuk bentuk pasar macam macam bentuk pasar jenis jenis pasar dan contohnya sebutkan bentuk bentuk pasar contoh struktur pasar pengertian struktur pasar makalah struktur pasar struktur pasar pdf struktur pasar persaingan sempurna pasar monopoli materi struktur pasar konsep struktur pasar makalah persaingan harga apa yang dimaksud dengan persaingan harga cara keluar dari persaingan harga contoh persaingan harga teori persaingan harga persaingan harga di marketplace persaingan harga dan nonharga persaingan harga online 4 jenis pasar bentuk bentuk pasar dan contohnya jenis jenis pasar macam macam pasar oligopoli makalah bentuk bentuk pasar macam macam bentuk pasar jenis jenis pasar dan contohnya sebutkan bentuk bentuk pasar Memutihkan Wajah Tanpa Efek Samping Aman dan Murah 12 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam Cream Untuk Wajah Kering Yang Aman, Alami dan Cepat Siklus Akuntansi Teori Produksi Arti dan Prinsip-Prinsip FIQIH MUAMALAH

No comments:

Post a Comment